DINSOScenter – Pemerintah Kota Makassar memperingati Hari Korban 40.000 Jiwa dengan menggelar upacara bendera di Monumen Korban 40.000 jiwa di Kelurahan Kalukuang, Kecamatan Tallo, Senin (11/12).

Dalam kesempatan itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar memberi santunan kepada 240 Veteran.

Kepala Dinsos Kota Makassar Mukhtar Tahir mengatakan, kegiatan upacara ini juga merupakan bagian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar yang selaras dengan tema HUT yakni penghormatan kepada sejarah.

“Konsep dilaksanakan itu kebetulan berkaitan dengan ulang tahun kota yaitu kembali kepada sejarah. Ini memberikan gambaran kepada kita untuk bisa mengenang para Veteran yang telah memberikan kontribusi kepada Kota Makassar, dan korban 40.000 jiwa menentukan nasib Kota Makassar pada saat itu,” ujar Mukhtar Tahir.

Menurutnya, dengan mengingat kembali sejarah, berarti masyarakat harus memahami arti dari perjuangan para pendahulu dalam mengisi kemerdekaan dan hal itu bisa menjadi panutan bagi generasi hari ini.

“Alhamdulillah hari ini (kemarin) kita berikan santunan kepada 240 Veteran. Ini menjadi bentuk perhatian pemerintah kepada para Veteran yang telah berjuang dan janda-janda dari pahlawan yang berjuang untuk Indonesia,” ucap Mukhtar Tahir.

Selain itu, kata dia, Pemerintah Kota Makassar juga tetap memberikan perhatian kepada para Veteran. Dan dengan adanya Veteran ini menjadi motivasi kepada generasi muda untuk tetap semangat dan berjuang bagi Kota Makassar.

“Sebenarnya Veteran itu bisa juga masuk dalam program Wali Kota Makassar yakni Lansia Care, namun hal itu lebih spesifik tapi bisa dimasukkan dalam dua kategori itu,” ujar Mukhtar Tahir.

Advertisements